Sabtu, September 28, 2024
BerandaPolitikPDIP Pertimbangkan Anies Baswedan untuk Pilkada DKI Jakarta, PKS: Situasi Masih Berkembang

PDIP Pertimbangkan Anies Baswedan untuk Pilkada DKI Jakarta, PKS: Situasi Masih Berkembang

- Advertisement -

Mantan Gubernur Anies Dilirik PDIP untuk Pilkada Jakarta 2024

Jakarta – Isu perpolitikan Jakarta kembali diramaikan dengan kemunculan nama Anies Baswedan sebagai calon potensial untuk Pilkada Jakarta 2024. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dikabarkan menaruh minat pada mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Muhammad Iqbal, menanggapi kabar tersebut dengan menyatakan bahwa dinamika politik masih terus berjalan. Ia mengungkapkan bahwa pembahasan mengenai kerja sama politik dengan PDIP belum dilakukan di tingkat DPP PKS.

“Masih dinamis, belum dibahas,” kata Iqbal saat dikonfirmasi media, Selasa (11/6/2024).

Lebih lanjut, Iqbal menambahkan bahwa DPP PKS masih mengkaji kelayakan Anies untuk maju kembali di Pilkada Jakarta periode kedua. “Sedang dikaji,” ujarnya.

Sebelumnya, DPW PKS DKI Jakarta mengajukan nama Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (bacagub) Jakarta 2024. Usulan tersebut disampaikan bulan lalu.

“Iya betul, DPW Jakarta sudah memutuskan untuk mengusulkan Anies Baswedan sebagai bacagub ke DPP. Selanjutnya ada mekanisme di internal. Jadi, kita tunggu keputusan DPP,” kata Ketua DPP PKS Ahmad Mabruri dalam keterangan resmi, Jumat (24/5/2024).

Menanggapi kabar tersebut, Anies mengaku merasa tersanjung dan menghargai kepercayaan yang diberikan oleh sejumlah partai politik, termasuk PDIP.

- Advertisement -

“Saya ingin sampaikan terima kasih, apresiasi kepada partai-partai yang memberikan kepercayaan itu, dan tentu itu tidak lepas dari suasana yang tadi kita bahas bahwa Jakarta yang tenang, teduh, damai selama lima tahun kemarin tentu kita ingin teruskan ke depan,” kata Anies kepada wartawan di Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (8/6/2024).

Munculnya nama Anies sebagai calon potensial dari PDIP menjadi isu yang menarik, mengingat PDIP selama ini dikenal sebagai partai yang berlawanan dengan Anies, terutama selama periode kepemimpinannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Namun, perkembangan politik yang dinamis menunjukkan bahwa konstelasi politik dapat berubah dengan cepat, dan tidak menutup kemungkinan adanya kerja sama politik baru. Keputusan akhir mengenai apakah Anies akan diusung sebagai calon gubernur dari PDIP atau tidak masih harus ditunggu perkembangan selanjutnya.

Perkembangan politik terkait Pilkada Jakarta 2024 akan terus dipantau, dan dinamika yang terjadi akan terus diberitakan kepada publik.

- Advertisement -
Advertisement
RELATED ARTICLES

Tetap Terhubung

199,856FansSuka
215,976PengikutMengikuti
152,458PengikutMengikuti
284,453PelangganBerlangganan

Most Popular