Sabtu, Oktober 5, 2024
BerandaPolitikBakti Sosial dan Seminar Mewarnai Peringatan Hari Buruh di Lebak

Bakti Sosial dan Seminar Mewarnai Peringatan Hari Buruh di Lebak

- Advertisement -

May Day di Lebak: Fokus pada Kesejahteraan Masyarakat Melalui Bakti Sosial dan Seminar

Kabupaten Lebak, Banten – Memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Lebak memilih pendekatan yang berbeda tahun ini. Alih-alih menggelar aksi demonstrasi, para buruh di Lebak justru menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) dan seminar yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ketua DPC SPN Kabupaten Lebak, Sidik Uen, menyatakan bahwa kegiatan baksos dan seminar ini bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat. Salah satu kegiatan baksos yang dilakukan adalah donor darah, yang bertujuan untuk menyediakan pasokan darah bagi pasien yang membutuhkan. Donor darah kali ini berhasil mengumpulkan 47 kantong darah dari sekitar 500 buruh yang hadir.

Selain donor darah, para buruh juga memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui kegiatan baksos. Tujuannya adalah untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, seminar Hari Buruh Internasional mengangkat tema “Bertukar Pikiran Mengolah Perkataan dan Melaksanakan Niat”. Seminar ini menghadirkan narasumber dari Kesbangpol, Disnaker, Polri, dan SPN.

Tema seminar ini menekankan pentingnya sinergisitas antara buruh, pemerintah, dan kepolisian dalam menciptakan kondisi yang damai, aman, dan sejahtera bagi para buruh. “Melalui seminar ini, kami ingin mendorong adanya kerja sama yang erat antara semua pihak yang terlibat,” ujar Sidik.

Dalam peringatan May Day di Lebak, para buruh juga menuntut pencabutan Undang-Undang Cipta Kerja, penghapusan sistem outsourcing, dan penolakan terhadap upah murah. Selain itu, para buruh juga mendesak Penjabat Bupati Lebak untuk menindak tegas perusahaan yang belum memenuhi kewajiban membayar Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2024 yang telah ditetapkan sebesar Rp 2.978.764.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lebak, AKBP Suyono, mengapresiasi para buruh yang memilih menggelar kegiatan baksos pada peringatan May Day. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

- Advertisement -

“Kami salut kepada para buruh yang memperingati May Day dengan cara yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Suyono.

Secara keseluruhan, peringatan May Day di Kabupaten Lebak tahun ini berjalan dengan lancar dan kondusif. Para buruh menyampaikan aspirasi mereka dengan cara yang damai dan konstruktif, sehingga tercipta suasana yang kondusif bagi seluruh masyarakat.

- Advertisement -
Advertisement
RELATED ARTICLES

Tetap Terhubung

199,856FansSuka
215,976PengikutMengikuti
152,458PengikutMengikuti
284,453PelangganBerlangganan

Most Popular